Selasa, 25 September 2012

Pemain, Pelatih, Tim Terbaik Serie A Italia 4ª Giornata Versi GOAL.com Indonesia

Inilah para pemain yang bersinar di pekan keempat Serie A Italia 2012/13.


Bostjan Cesar (C), Fabio Quagliarella (J) - Juventus-Chievo - Serie A

 Sempat ditemani Napoli dan Lazio, juara bertahan Juventus kini sendirian memimpin klasifika Serie A 2012/13. Saat Bianconeri terus melaju dengan menundukkan Chievo 2-0 untuk memetik kemenangan keempat dari empat laga pertama, Napoli serta Lazio justru kehilangan angka akhir pekan lalu.
I Partenopei harus puas dengan hasil imbang tanpa gol saat menghadapi tuan rumah Catania walau sang lawan bermain dengan sepuluh orang sejak menit kedua, sedangkan Biancoceleste malah dibungkam tamunya, Genoa, 1-0 di Olimpico.
Sementara itu, prahara belum berhenti menerjang dua klub Milano. FC Internazionale dipaksa menyerah 2-0 oleh Siena di Giuseppe Meazza -- yang berarti venue bernama lain San Siro itu belum memberikan poin sama sekali buat Inter maupun Milan musim ini, dan Rossoneri merasakan kekalahan ketiga dengan skor 2-1 di tangan Udinese.
Garis finis kompetisi memang masih amat jauh, namun menilik konstelasi terkini, banyak kalangan yang mulai memprediksi Juve bakal melenggang nyaman ke tangga juara. Kendati begitu, jangan lupa bahwa Serie A biasanya sarat kejutan.

Apa pun, untuk sementara ini mari kita tengok aksi para punggawa yang bermain memukau pada pekan keempat, berikut ini:

PENJAGA GAWANG

Stefano Sorrentino
(Chievo)

Chievo memang takluk 2-0 di markas Juve, tapi jika bukan karena Stefano Sorrentino, Si Keledai Terbang mungkin bakal kalah dengan skor lebih telak. Portiere 33 tahun ini tampil fantastis untuk menangkis serangkaian kans tuan rumah sebelum akhirnya kebobolan dua gol apik Fabio Quagliarella.
BEK TENGAH
BEK TENGAH BEK TENGAH

Facundo Roncaglia
(Fiorentina)    

Lucio
(Juventus)

   Mehdi Benatia
     (Udinese)

Facundo Roncaglia
, satu dari sekian banyak personel anyar Fiorentina, terus menunjukkan penampilan positif awal musim ini. Bertandang ke Ennio Tardini, Sabtu lalu, bek Argentina itu membuka skor bagi I Gigliati dengan tembakan jarak jauh di menit ke-20. Roncaglia juga kokoh dalam mengawal penyerang-penyerang Parma.
Sayang, performanya ternoda oleh jegalan pada Dorlan Pabon di area terlarang kendati eksekusi penalti Jaime Valdes di menit ke-58 itu gagal berbuah gol. Parma sendiri baru menyamakan kedudukan 1-1 pada injury time lewat penalti kedua Valdes, menyusul handball Luca Toni.
Melengkapi trio lini belakang, mencuat nama Lucio (Juventus) serta Mehdi Benatia (Udinese). Lucio membantu Bianconeri menorehkan clean sheet dengan mematikan para pemain depan Chievo, sementara Benatia pun bermain prima di lini belakang Le Zebrette kala menundukkan Milan. Salah satu aksi pentingnya adalah saat menghadang tendangan Stephan El Shaarawy di pengujung laga.
GELANDANG KANAN GELANDANG TENGAH GELANDANG TENGAH GELANDANG KIRI

Cristian Raimondi
(Atalanta)

Emmanuel Cascione
(Pescara)

Juraj Kucka
(Genoa)

Kwadwo Asamoah
(Juventus)

Menghadapi bekas klubnya, Palermo, Cristian Raimondi menjadi figur penentu kemenangan Atalanta 1-0 dengan gol tunggalnya dua menit jelang bubar. Sebelum itu, ia juga selalu rajin ancaman bagi L'Aquile lewat pergerakannya di sisi kanan.

Emmanuel Cascione juga krusial bagi tim promosi Pescara saat memetik angka pertama musim ini dengan mengimbangi tuan rumah Bologna 1-1. Sang gelandang bertahan membantu memberikan perlindungan bagi lini belakang I Delfini dengan tekel-tekel lugasnya.

Sementara itu, Juraj Kucka pun tampil istimewa sebagai gelandang all-round saat Genoa memaksa Lazio merasakan kekalahan pertama musim ini. Di sisi kiri, Kwadwo Asamoah melanjutkan performa menawannya bersama Juventus kontra Chievo. Ia mengirim assist bagi gol kedua Quagliarella.
 
PENYERANG KANAN
PENYERANG TENGAH PENYERANG KIRI

Fabio Quagliarella
(Juventus)

Mathias Ranegie
(Udinese)

Emmanuele Calaio
(Siena)

Usai menjebol gawang Chelsea di Liga Champions pada tengah pekan, Fabio Quagliarella kembali membuktikan kelasnya saat Juve menjamu Chievo. Bianconeri sempat kesulitan menaklukkan Sorrentino di bawah mistar kubu tamu, tapi Quagliagol muncul sebagai pemecah kebuntuan dan memborong dua gol kemenangan Juve 2-0.

Tampil sebagai starter untuk kali pertama di Serie A, Mathias Ranegie langsung memberikan angka penuh perdana buat Udinese. Melawan Milan, striker Swedia ini mencetak satu gol lewat sundulan juga memenangi penalti yang dieksekusi oleh Antonio Di Natale.

Emmanuele Calaio memang tak masuk scoresheet dalam kemenangan mengejutkan Siena 2-0 di rumah Inter, namun ia konstan menguji Samir Handanovic dengan sejumlah shot yang dilepaskannya. Gol pembuka I Robur yang dicetak Simone Vergassola pun berawal dari pertukaran umpan dengan Calaio.
PELATIH TERBAIK

Massimo Carrera (Juventus, caretaker)

Ketangguhan Juventus sempat diragukan menyusul skorsing larangan mendampingi tim selama sepuluh bulan bagi pelatih Antonio Conte. Tapi keraguan itu sirna karena Massimo Carrera, asisten Conte yang didapuk sebagai stand in coach, ternyata dapat melakoni tugasnya dengan sempurna.

Conte memang masih menjadi figur utama yang memimpin latihan dan mempersiapkan strategi jelang laga, tapi peran penting Carrera yang mengotaki tim di saat matchday tentu tak dapat ditepikan.

Terbukti, dalam rekor 100 persen menang pada empat laga musim ini, tiga di antaranya, termasuk keunggulan 2-0 atas Chievo weekend lalu, dipastikan di babak kedua setelah Carrera melakukan modifikasi taktik. Carrera sendiri mengaku keberhasilan sejauh ini disebabkan kesamaan pikiran dengan sang pelatih kepala.

"Kami sudah bekerja bersama selama sebulan, dan telah mempertajam telepati kami. Kami bekerja keras di sepanjang pekan dan kami tahu apa yang mesti dilakukan dalam situasi apa pun," komentar Carrera di Football Italia.

"Kami memiliki pikiran yang sama. Kami melihat sepakbola dengan cara yang sama, kami tahu apa yang kami inginkan dan itu penting."

(Goal.com)

Judul: Pemain, Pelatih, Tim Terbaik Serie A Italia 4ª Giornata Versi GOAL.com Indonesia; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 komentar:

  1. itu semua calon calon the best player semua tuh gan,,,,Mantap gan

    BalasHapus